featured Slider

Sabtu, 11 April 2015

TIPZ: Barang Yang Musti LO Bawa Waktu Kemah

Barang bawaan yang perlu kalian bawa saat kemah 3 hari 2 malam: KEMAH DOANG BUKAN NDAKI GUNUNG


Yang pertama pastinya baju. Kalo lo nggak bawa baju pastinya pulang-pulang langsung bau tengik. 3 hari 2 malam nggak ganti baju. Hhiii... kalo gue sii paling Cuma bawa 4 baju. 3 lengan panjang, 1 lengan pendek.


Yang kedua adalah sahabatnya baju yaitu celana. Kalian bisa bawa celana panjang, jeans, training dan celana pendek. Gue saranin lebih praktis bawa training deh. Apalagi kalo trainingnya dari bahan parasut. Training dari bahan parasut itu lebih enteng dibawa dan cepet kering kalo lo habis direndem di kali.

Kalo kemah biasanya itu hawanya dingin. Ya pastilah namanya juga di hutan. Jadi lo juga harus bawa yang namanya jaket dan sarung. Bawalah jaket yang nggak terlalu gede dan cukup melindungi lo dari hawa dingin.

Kaos dan celana dalam. INI SANGAT PENTING! Biar nggak gatel.

Sepatu kets. Buat kegiatan yang memerlukan banyak perjalanan seperti mencari jejak atau jerit malam lebih cocok kalo pake sepatu kets aja. Banyak kok merk merk sepatu kets yang awet, kulitasnya bagus dan nggak gampang rusak. Banyak kejadian kalo kemah sepatunya pada jebol. Jadi lo harus bawa minimal dua lah, buat jaga-jaga.

Sandal JAPIT. Ingat! Harus japit. Jangan yang selop atau yang crocs-crocs an gitu.

Kaos kaki dan sarung tangan. Cukup lindungi lo saat malam dingin. Bisa juga ditambah syal yang dapat menghangatkan lo pada saat malam hari.

Buat melindungi kepala sama rambut lo. Lo mesti bawa topi, karena topi bisa melindungi kepala dari panas yang menyengat dan juga hujan. Biar nggak bengel katanya.

Sedia payung sebelum hujan. Yap. Kalo pas kemah ujan deres lo mesti bawa payung lipat atau mantel kelelawar. Mantel kelelawar itu yang biasa dipakai sama abang becak gitu. Prinsip yang kita gunakan jangan bagus atau tidaknya. Prinsip yang harus dipakai saat kemah adalah kepraktisan.

Plastik packing. Mungkin banyak yang nggak tau, apa itu plastik packing. Plastik packing itu yang biasanya buat plastik sampah. Kalian bisa beli di toko plastik. Gunanya untuk melindungi barang bawaan lo pas ujan biar nggak kebasahan.

Peralatan tidur. Bawa tenda dengan dibawa berkelompok. alas matras kecil + kasur kepompong/slepping bag. kalian bisa beli di distro perlatan gunung. Bawa juga lampu emergency.

Peralatan mandi. Such as: sabun cair kemasan mini, shampo sachet, sikat gigi lipat, odol mini. buat lo yang pengin praktis tapi nggak bau, bawa aja tisu basah, parfum sama happydent. HAHA

Tisu kering. Jangan sampai temen lo yang penggila tissu tau kalo lo bawa tissu. Cepet abis, banyak sampah.

Perlatan ibadah. Such as: sarung/mukena dan sajadah yang enteng dan bisa dilipat-lipat jadi kecil. 

Bawa juga al quran mini buat jaga-jaga  dari makhluk lain bisa baca ayat kursi.

Peralatan makan. Such as: kompor mini, gas kalengan, panci, korek, pisau dan tentunya sendok, piring, gelas plastik.

Makanan. Lo mau kemah atau mau wisata, bawa makanan banyak banget. Bawa aja roti sobek satu, air mineral 1,5 liter,beras, mie instan/mie gelas, jagung manis*buat bakar-bakar*, kopi/susu sachet sama coklat buat anget anget. Kalo mau kenyang bawa juga lontong yang nggak cepet bau.

P3K. Obat-obatan, hansaplast, batadine, oxygen kaleng, kapas, minyak kayu putih, pembalut, dll. Agar tidak terlalu banyak membawa, barang-barang ini bisa dibawa berkelompok.

Autan atau sejenisnya. Dapat melindungi lo dari nyamuk yang mengganggu tidur. Tidur sangat diperlukan untuk mengembalikan energy, sehingga lo siap melakukan aktivitas lainnya pada esok hari.

Senter. Untuk menerangi mu saat gulita. Kalo mau lebih terang lagi.. bawa aja ibumu. Karna ibu bagai sang surya menerangi dunia.

Garam krosok. Garam krosok yaa.. bukan garam dapur. Garam krosok itu yang bentuk butirannya kasar-kasar dan agak gede dibanding garam dapur yang halus. Garam krosok ditaburkan disekitar tenda tidur agar membuat ular tidak berani mendekat.

Kayu bakar. Biasanya kalo kemah pasti disuruh membawa kayu bakar. Karena udara disana yang dingin membuat kita harus membuat perapian untuk menghangatkan badan. Bisa juga dilakukan untuk memperakrab teman satu angkatan. Sayangnya kemah tahun ini sekolah gue melarang adanya api unggun, sebenarnya bukan melarang sii, tapi tidak diizinkan oleh *******

Benda kecil yang kadang dibutuhkan saat ilang atau saat nggak dibawa, Ballpoint standar techno. Kalo temen ada yang pinjem jangan boleh. Rawan ilang!

Hand body. Mandi di kali, panas-panasan, kulit kering, bawa aja handbody biar kulit merona. Tapi kadang-kadang, benda ini tidak diperbolehkan saat kemah, termasuk sabun muka.

Lainnya:
Kacamata.
Sisir.
Tas kresek.
Masker.
Gunting.
Tali pramuka.
Kompas.
Jadwal kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo,ngapunten..